Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Pendidikan Matematika . 2013

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI POKOK PECAHAN DI KELAS V SDN TEBALO

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2013-10-24 15:28:49
Oleh : ANTIN SHOKHIFATUL KHILMIYAH 09 421 033
Dibuat : 2013-09-06, dengan 4 file

Keyword : Pecahan, Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah

Pecahan merupakan salah satu pokok bahasan dalam bilangan yang implementasinya sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu, konsep pecahan harus ditanamkan kepada peserta didik dengan baik agar peserta didik mampu menyelesaikan masalah yang menyangkut pecahan dalam kehidupan. Proses pembelajaran pada materi pokok pecahan masih terpusat pada guru, peserta didik hanya menghafal konsep dan kurang mampu menggunakan konsep tersebut jika menemui masalah dalam kehidupan nyata yang berhubungan dengan konsep yang dimilikinya. Untuk mengatasi permasalahan pembelajaran tersebut peneliti mencoba untuk mengadakan perbaikan dengan menerapkan strategi pembelajaran berbasis masalah (SPBM). Dengan strategi pembelajaran ini diharapkan dapat memposisikan guru sebagai perancang dan organisator pembelajaran sehingga peserta didik memiliki kesempatan untuk memahami dan memaknai konsep yang diajarkan melalui aktivitas belajar. Tujuan dalan penelitian ini mendeskripsikan kemampuan guru dan aktivitas peserta didik dalam pelaksanaan strategi pembelajaran berbasis masalah Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan rancangan penelitian “One Shot Case Study”. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Tebalo 2012 – 2013 yang berjumlah 19 peserta didik. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara pengamatan. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru matematika dan dibantu dua rekan mahasiswa yang sebagai pengamat. Instrumen penelitian menggunakan lembar pengamataan. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran matematika dengan pokok bahasan pecahan termasuk dalam kategori sangat baik. (2) Aktivitas peserta didik selama mengikuti pembelajaran dengan penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran matematika dengan pokok bahasan pecahan termasuk dalam kategori baik.

Deskripsi Alternatif :

Fraction is one of the topics on number which its implementation often encountered in daily life. Therefore, the concept of fractions should be imparted to the students well so that learners are able to solve problems involving fractions in life. The learning processes fraction were still centered on the teacher, the students simply memorize the concepts and less able to use the concepts if it is related real life problem. To overcome the learning problem the researcher applied problem-based learning strategies (PBL). Using the strategy, it is expected that the teacher as designer and organizer of the learning process so that students have the opportunity to understand and to interpret the concepts being taught through learning activities. The purpose of this study is describes teacher ability and student activities in implementation of problem-based learning strategies. It is a descriptive research using One Shot Case Study. The subject of this research is students in the fifth grade of Tebalo public elementary school with total 19 students. Data collection method in this research is observation. This researcher as the mathematics teacher and which was helped by two observers. The research instrument is observation sheets. From the data analysis it can be concluded that: (1) The teacher ability in managing the class with the implementation of problem-based learning startegy on fractions in the very good category. (2) Students activities during the learning process with problem-based learning strategy also in good category.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
Organisasi
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • lailatul khusnah, Editor: admin perpustakaan UMG

Download...