Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Pendidikan Matematika . 2013

PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING LEARNING) DENGAN MEDIA PAPAN MAGNETIK DAN PERMAINAN CD PADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT KELAS V SDM 1 GIRI

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2013-10-24 15:28:59
Oleh : ANNISA WAHYUNING PUTRI 09.422.014
Dibuat : 2013-10-17, dengan 4 file

Keyword : pembelajaran CTL (Contextual Teaching Learning), media papan magnetik, permainan CD

Pembelajaran matematika di sekolah dewasa ini masih didominasi oleh
pembelajaran konvensional. Peserta didik diposisikan sebagai obyek dan dianggap
tidak tahu atau belum tahu apa-apa, sedangkan guru sebagai sumber pengetahuan.
Materi matematika yang disampaikan di sekolah seharusnya tidak hanya
difokuskan pada pemberian pembekalan pengetahuan yang bersifat teori saja,
tetapi bagaimana agar pengalaman belajar yang dimiliki peserta didik senantiasa
terkait dengan permasalahan-permasalahan nyata yang terjadi di lingkungannya.
Selain itu guru juga jarang menggunakan alat peraga sebagai salah satu media
dalam pembelajarannya. Penyajian matematika yang abstrak perlu didahului
dengan penyajian yang lebih konkret, yaitu dengan cara menggunakan bendabenda
konkret atau manipulatif atau permasalahan nyata yang dapat dibayangkan
dalam pemikiran peserta didik. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan aktivitas
peserta didik selama mengikuti pembelajaran dan hasil belajar peserta didik
setelah mengikuti pembelajaran CTL (Contextual Teaching Learning) dengan
menggunakan media papan magnetik dan permainan CD di SD Muhammadiyah 1
Giri.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Subjek penelitian ini adalah seluruh
peserta didik kelas V SD Muhammadiyah 1 Giri tahun ajaran 2013/2014 yang
terdiri dari 36 peserta didik. Instrument penelitian dalam penelitian ini adalah
lembar pengamatan aktivitas peserta didik dan soal tes hasil belajar.
Hasil penelitian pembelajaran matematika menggunakan pembelajaran
CTL (Contextual Teaching Learning) dengan menggunakan media papan
magnetik dan permainan CD pada materi operasi bilangan bulat menunjukkan
bahwa aktivitas peserta didik dikategorikan aktif dan ketuntasan belajar peserta
didik selama mengikuti pembelajaran telah tuntas.

Deskripsi Alternatif :

Mathematics learning in school today is still dominated by conventional
learning. Learners are positioned as objects and deemed not know or do not know
anything, while the teacher as a source of knowledge. The material presented in
school mathematics should not only be focused on providing debriefing only
theoretical knowledge, but how to keep learning experience possessed learners
always associated with the real problems that occur in the environment. In
addition, teachers also rarely use props as one of the media in learning.
Presentation abstract mathematics should be preceded by the presentation of a
more concrete, that is by using concrete objects or manipulative or real problems
that can be imagined in the minds of learners. The purpose of this study describes
the activity of the students during the learning and the learning outcomes of
students after participating in CTL learning (Contextual Teaching Learning) by
using the media magnetic board and CD games in SD Muhammadiyah 1 Giri.
This research is descriptive. The subjects were all fifth grade students of SD
Muhammadiyah 1 Giri academic year 2013/2014 which consisted of 36 students.
Research instrument in this study is the observation sheet activities of learners and
learning about the test results.
The results of learning mathematics using CTL (Contextual Teaching
Learning) by using a media magnetic board and CD games for the materials
operation of the numbers show that the activity of learners categorized, mastery
learning students during the learning has been completed.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
Organisasi
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • lailatul khusnah, Editor: admin perpustakaan UMG

Download...