Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Pendidikan Matematika . 2013

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS IV-B SDN BANJARSARI CERME

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2013-11-06 12:51:06
Oleh : Anggun Nuansari NPM. 09.421.010
Dibuat : 2013-11-06, dengan 4 file

Keyword : Pembelajaran Kooperatif, Number Head Together, Open-ended

Pada pembelajaran matematika yang dilakukan saat ini guru masih cenderung menggunakan metode ceramah dengan kata lain guru masih mendominasi pembelajaran atau lebih aktif daripada peserta didiknya sehingga dalam proses pembelajaran di kelas peran peserta didik sangat kurang. Jadi guru harus dapat memilih dan menerapkan model pembelajaran yang dapat membuat peserta didik lebih kreatif dan aktif. Model pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menekankan pada struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi peserta didik. Dalam pembelajaran kooperatif tipe NHT ini menggunakan pendekatan open-ended merupakan suatu pendekatan yang memberikan banyak alternatif atau cara penyelesaian masalah dalam matematika, sehingga peserta didik dapat mengembangkan pola berfikirnya dan lebih aktif dalam proses pembelajaran. Maka dari itu peneliti menerapakan pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dengan pendekatan open-ended. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas peserta didik, hasil belajar peserta didik dan respon peserta didik terhadap pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan open-ended. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-B yang berjumlah 42 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan angket dengan instrumen penelitian lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, soal tes hasil belajar dan angket respon peserta didik. Hasil analisis data menunjukkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dikategorikan baik, aktivitas peserta didik selama pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dengan pendekatan open-ended masuk dalam kategori baik, nilai tes hasil belajar peserta didik menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dengan pendekatan open-ended secara klasikal tercapai dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah. Respon peserta didik dikatakan baik terhadap pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dengan pendekatan open-ended dapat dikatakan baik.

Deskripsi Alternatif :

Nowadays, there are many mathematic teachers who still tend to conduct the lecture method. In the other words, teachers still dominate or more active than students in the learning process, so that the engagement of students in the classroom is very less. So, teachers should be able to select and apply the learning model that can make students more creative and active. One of some learning models that can be used is a cooperative learning with Number Head Together (NHT) type. It is a type of cooperative learning that emphasizes the special structure which is designed to influence the students' interaction patterns. In cooperative learning with this NHT type used open-ended approach, which is an approach that provides more alternatives or how to solve problems in mathematics, so that students can develop their mind and more active in the learning process. Therefore applied the type of cooperative learning Number Head Together (NHT) by using open-ended approach. The purpose of this study was to describe the ability of teachers in learning management, student activities, student learning outcomes, and studentsí responses toward cooperative learning with NHT type by using open-ended approach. This research was descriptive research. The subjects were students class IV-B, consists of 42 students. Data collection methods used were observation, tests and questionnaires with research instruments in form of observation sheet of learning management, observation sheet of studentsí activities, studentsí achievement, and questionnaire of studentsí responses. The result of data analysis pointed out the ability of the teacher in learning management can well categorized, activities of students during cooperative learning with Number Head Together (NHT) type by using open-ended approach are also in well category, scores in the study of students applying cooperative learning with Number Head Together (NHT) type by using open-ended approach in classical accomplished to the criteria of minimum mastery (KKM) that set by the school. Studentsí responses approach toward cooperative learning with Number Head Together (NHT) type by using open-ended can be said to be good.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
Organisasi
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • lailatul khusnah, Editor: admin perpustakaan UMG

Download...