Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Pendidikan Matematika . 2009

PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) PADA MATERI PERSEGI PANJANG DI KELAS VII SMP NEGERI 1 MANYAR GRESIK

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2013-10-24 15:28:47
Oleh : Alif Hidayatul Laili, Universitas Muhammadiyah Gresik (digilib@umg.ac.id)
Dibuat : 2009-10-19, dengan 1 file

Keyword : Kemampuan Komunikasi Matematika, Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW).;Mathematics communication ability, Think Talk Write (TTW) study model.

Kemampuan komunikasi matematika merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Kemampuan komunikasi matematika adalah kemampuan mengemukakan ide matematika baik dalam bentuk lisan maupun tulisan. Hal ini sangat penting bagi peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan matematika. Namun dalam kenyataannya, kemampuan komunikasi matematika kurang mendapat perhatian dalam pembelajaran matematika di sekolah seperti di SMP Negeri 1 Manyar Gresik sehingga kemampuan komunikasi matematika peserta didik masih rendah. Untuk itu diperlukan suatu cara untuk meningkatkannya. Salah satunya adalah dengan menerapkan model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan komunikasi matematika di kelas VII SMP Negeri 1 Manyar Gresik melalui model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada materi persegi panjang. Adapun jenis penelitian ini adalah komparatif yaitu membandingkan kemampuan komunikasi matematika peserta didik yang diberi model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan kemampuan komunikasi matematika peserta didik yang diberi model pembelajaran yang biasa digunakan guru (Direct instruction/langsung). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Manyar Gresik tahun pelajaran 2008/2009 yang terdiri dari enam kelas yaitu kelas VII A, VII B, VII C, VII D, VII E, dan VII F. Sedangkan sampel penelitiannya adalah kelas VII E yang terdiri dari 39 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D yang terdiri dari 38 peserta didik sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Manyar Gresik Jl. Kalimantan Gresik Kota Baru (GKB) Manyar Gresik pada semester II (genap) tahun pelajaran 2008/2009 tepatnya pada bulan Mei 2009. Rancangan penelitian ini adalah Postes Kelompok Kontrol Subyek Random. Metode penelitian yang digunakan adalah metode dokumentasi dan tes dengan instrumen penelitiannya adalah soal tes. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa data inferensial yaitu uji perbedaan yang berupa uji t. Dari hasil uji t diperoleh bahwa nilai sig (0,000) <α(0,05), artinya ada peningkatan kemampuan komunikasi matematika melalui model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada materi persegi panjang di kelas VII SMP Negeri 1 Manyar Gresik.

Deskripsi Alternatif :

Mathematics communication ability is one of purposes of mathematics study in KTSP. Mathematics communication ability is an ability to convey mathematics idea in oral or written form. It is Very important for student to solve mathematics problems. But, in fact, mathematics communication ability got less attention by mathematics study in the school for example in SMP Negeri 1 Manyar Gresik, so mathematics communication ability of students was still low. Due to that reason, it is needed to find out a way to improve it. One of the way was by applaying Think Talk Write (TTW) study model. The purpose of this research was to know that there was significant mathematics communication ability improvement in 7th grade at SMP Negeri 1 Manyar Gresik through Think Talk Write (TTW) study model at rectangular subject. The type of this research is comparative. Comparative means the researcher were compared mathematics communication of student who were given Think Talk Write (TTW) study model with mathematics communication of student who were given study model which is usually used by the teacher (Direct instruction). The Population of this research was all students in the 7th grade of SMP Negeri 1 Manyar Gresik in school year 2008/2009 which consists of six classes, they were VII A, VII B, VII C, VII D, VII E, and VII F class. While, the sample of this research were students of VII E class who consist of 39 students as experimental group and students of VII D class who consist of 38 students as control group. This research was done in SMP Negeri 1 Manyar Gresik on Kalimantan street Gresik Kota Baru (GKB) at semester II (odd) in school year 2008/2009 in May 2009. The draft of this research was Post Test Control Group Random Subject. The method research which was used were documentation and test, and the instrument of this research was test question. While, the data analyze technique which was used in this research was analize technique inferensial data, it is test difference named t test. From the result of t test, the researcher obtained that sig value (0,000) <α(0,05), It means that there was significant mathematics communication ability improvement through Think Talk Write (TTW) study model at rectangular subject in 7th grade at SMP Negeri 1 Manyar Gresik.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(4) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Gresik
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: amirah

Download...