Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Pendidikan Matematika . 2013

Perbandingan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Pembelajaran Aktif Menggunakan Pendekatan SAVI dengan Pembelajaran Konvensional pada Materi Pokok Bangun Datar di Kelas II SDIT Al-Ibrohimi Manyar Gresik

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2013-10-24 15:28:59
Oleh : AIZZATUL MAULIDAH 09.421.042
Dibuat : 2013-10-17, dengan 4 file

Keyword : Hasil belajar matematika, Pembelajaran Aktif dengan Pendekatan SAVI, Pembelajaran konvensional

Model pembelajaran yang dapat diterapakan oleh guru di kelas ada yang berpusat pada peserta didik seperti pembelajaran aktif menggunakan pendekatan SAVI dan ada yang berpusat pada guru seperti pembelajaran konvensional. Model pembelajaran yang biasanya diterapkan oleh guru matematika di kelas II SDIT Al Ibrohimi Manyar Gresik adalah pembelajaran konvensional sedangkan pembelajaran aktif menggunakan pendekatan SAVI belum pernah diterapkan. Oleh karena itu peneliti ingin mengadakan penelitian tentang perbandingan hasil belajar peserta melalui pembelajaran aktif menggunakan pendekatan SAVI dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini adalah penelitian komparatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan apakah hasil belajar peserta didik yang diajar dengan pembelajaran aktif menggunakan pendekatan SAVI lebih baik dari pada hasil belajar peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional . Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas II SDIT Al Ibrohimi Manyar Gresik tahun pelajaran 2012-2013, sedangkan sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas II A sebanyak 27 peserta didik dan kelas II B sebanyak 25 peserta didik dan untuk menentukan kelas SAVI dan kelas konvensional dipilih dengan teknik random sampling. Instrumen penelitian yang dipergunakan adalah dengan pemberian tes. Sebelum pelaksanaan penelitian dilakukan uji validitas dan reliabititas terlebih dahulu terhadap instrumen penelitian. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa: hasil belajar peserta didik yang diajar dengan pembelajaran aktif menggunakan pendekatan SAVI lebih baik dari pada hasil belajar peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Maka peneliti menyarankan kepada guru bidang studi matematika, hendaknya menggunakan model pembelajaran aktif dengan pendekatan SAVI dalam pembelajaran matematika sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Deskripsi Alternatif :

Learning model that can be used by teachers in the classroom are based on students' active learning approaches such as SAVI and some are centered on the teacher as the conventional learning. Learning model that is commonly used by mathematics teachers in class II SDIT Al Ibrohimi Manyar Gresik is conventional learning active learning while SAVI approach has never been used. Therefore the researchers want to conduct research comparing students' active learning approach through SAVI with conventional learning. This research is a comparative study that aimed to describe whether the learning outcomes of students who are taught by active learning using SAVI approach is better than the learning outcomes of students who are taught by conventional learning. The study population was all second grade students SDIT Al Ibrohimi Manyar Gresik 2012-2013 school year, while the study sample consisted of two classes, namely class II A total of 27 students and class II B by 25 students. and to determine the class SAVI and conventional classes selected by random sampling technique. The research instrument used was the test administration. Before the implementation of the research conducted and the validity of the instrument reliabititas prior research. From the data analysis it can be concluded that: the study of students who are taught by active learning using SAVI approach is better than the learning outcomes of students who are taught by conventional learning. Researchers then suggested to the subjects mathematics teacher, should use active learning model with SAVI approach in learning mathematics in an effort to increase students' achievement.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
Organisasi
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • lailatul khusnah, Editor: admin perpustakaan UMG

Download...