Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Pendidikan Matematika . 2013

PENERAPAN FASE-FASE BELAJAR GAGNE PADA MATERI PELUANG DI KELAS XI IPA MA KANJENG SEPUH SIDAYU GRESIK

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2017-06-07 20:02:02
Oleh : Ahmad Farruq
Dibuat : 2017-06-07, dengan 4 file

Keyword : fase-fase belajar gane, peluang

Sebagai pengelola proses belajar mengajar, guru harus mampu menciptakan kondisi belajar yang memungkinkan peserta didik dapat belajar dengan baik. Jadi selain menguasai materi pelajaran, guru juga harus menguasai prinsip-prinsip belajar dan mengajar serta mampu menerapkannya dalam proses belajar mengajar. Prinsip-prinsip belajar yang dimaksud adalah teori-teori belajar yang tepat untuk suatu topik (materi) pelajaran tertentu. Salah satu teori belajar adalah yang dikemukakan oleh Robert M. Gagne yang sering disebut model pemrosesan informasi. Teori ini telah banyak dipergunakan dalam pengajaran berbagai mata pelajaran.. Model pemrosesan yang dimaksud disini adalah fase-fase belajar Gagne yang terdiri dari (1) Fase Motivasi (2) Fase Pemahaman (3) Fase perolehan/penguasaan (4) Fase retensi/ingatan (5) Fase Pengungkapan kembali (6) Fase generalisasi (7) Fase penampilan/perbuatan (8) Fase umpan balik (Gagne 1975: 28). Dari hal tersebut dilakukan penelitian tentang penerapan fase-fase belajar gagne pada materi peluang di kelas XI IPA MA Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA yang berjumlah 28 peserta didik. Penelitian ini dilakukan di MA Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik pada semester ganjil di bulan oktober pada materi peluang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar aktifitas peserta didik selama proses pembelajaran.
Hasil dari penelitian ini adalah : (1) hasil aktivitas peserta didik selama penerapan fase-fase belajar gagne diketahui bahwa rata-rata prosentase seluruh pertemuan pada kriteria aktif 51,1 %, cukup aktif 30,1 %, dan tidak aktif 18,9 %. Oleh karena pada hasil pengamatan aktifitas peserta didik yang aktif adalah 51,1% maka aktifitas peserta didik terhadap penerapan fase-fase belajar gagne dapat dikatakan efektif.
(2) hasil belajar peserta didik diketahui dari 27 peserta didik, yang mengikuti tes hasil belajar sebanyak 5 peserta didik tidak tuntas belajar karena mendapat skor < 75 dan 22 peserta didik tuntas belajar. Maka ketuntasan hasil belajar peserta didik tercapai.

Deskripsi Alternatif :

As a manager of the learning process, the teacher must be able to create learning conditions that enable learners to learn well. So in addition to master the subject matter, teachers also have to master the principles of learning and teaching and be able to apply them in the learning process. Learning principles in question are learning theories appropriate to the subject (matter) certain subjects. One theory put forward by the study is Robert M. Gagne is often called the information processing model. This theory has been widely used in teaching various subjects. Processing model in question here is learning Gagne phases consisting of (1) Phase Motivation (2) Phase Comprehension (3) phase of acquisition / control (4) Phase retention / memory (5) Disclosure of return phase (6) Phase generalization ( 7) Phase appearance / actions (8) Phase feedback (Gagne 1975: 28). From this study concerning the implementation of the phases of learning opportunities Gagne on the material in class XI Science MA Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik.
This study used descriptive research. Subjects in this study were the students of class XI IPA which numbered 28 students. The research was conducted in MA Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik semester in October on material opportunities. The research instrument used is the activity sheets learners during the learning process. The results of this study are: (1) the activity of students during the implementation phases of learning Gagne is known that the average percentage of the whole meeting on the current criteria of 51.1%, 30.1% moderately active, and inactive 18.9% . Because of the observed activity of active learners is 51.1%, the activity of the learner towards the implementation phases of learning Gagne can be effective. (2) the study of students know of 28 students, who take the test results to learn as much as 6 students did not pass the study because it got a score of <75 and 22 students pass the study. So mastery learning outcomes of students reached

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
Organisasi
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Any Savitry, A.Md., Editor: admin perpustakaan UMG

Download...