Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Teknik Industri . 2006

PENERAPAN METODE QFD DAN SWOT UNTUK MENINGKAT KEPUASAN PELANGGAN DAN MERANCANG STRATEGI PEMASARAN YANG KOMPETITIF

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2013-10-24 15:28:40
Oleh : Agus Pujianto, Universitas Muhammadiyah Gresik (digilib.umg.ac.id)
Dibuat : 2008-04-03, dengan 2 file

Keyword : Kompetitif;Competitive

Metode QFD dan SWOT merupakan suatu metode yang saling mendukung antara metode satu dengan metode lainnya, yaitu untuk memperbaiki kualitas agar sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan konsumen, metode yang digunakan adalah Quality Function Deployment (QFD) sedangkan untuk permasalahan pemasaran digunakan metode SWOT (strenght, weakneses, opportunity, threat). Setiap perusahaan pasti mempunyai permasalahan yang sifatnya internal maupun eksternal permasalahan itu bisa dari produk maupun permasalahan yang menyangkut pemasaran

Pengumpulan dan pengolahan data melalui kuisoner, menghasilkan nilai-nilai atribut House Of Quality tentang kualitas produk yang diinginkan konsumen maupun respon perusahaan.

Dari hasil analisis metode QFD diketahui prioritas kebutuhan konsumen pada produk Air Minum Dalam Kemasan “SWA” adalah : Bebas bakteri (Higienis), Air jernih, rasa segar, Diskon harga, Harga relatif terjangkau, Hadiah, Segel tidak rusak, Jaringan pemasaran, tutup gallon dan tahan lama (expired), sedangkan berdasarkan analisa SWOT yang digunakan bahwa posisi perusahaan berada pada space strength – opportunity, hal ini mendukung strategi agresif yaitu “ Menciptakan strategi yang menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang “


Deskripsi Alternatif :

Method QFD and SWOT represent method which each other support method one with other method, that is to improve; repair quality in order to as according to requirement the desired consumer, method used Quality Function Deployment ( QFD) while for the marketing problems used method SWOT ( strenght, weakneses, opportunity, threat). Each; Every company have problems which internal in character and also that eksternal problems can from product and also problems which is concerning marketing

Data processing And gathering through kuisoner, yielding attribute House Of Quality values about quality product the desired consumer and also respon company

From result analyse method QFD known the consumer requirement priority product Drinking Water In Tidiness is : the bacterium ( Hygienic), Clear Water, feel fresh, Discount price, Price relative reached, Present, Seal not destroy, Marketing network, close gallon and durable (expired), while pursuant to analysis SWOT used that company position be at space strength - opportunity, this matter support aggresive strategy that is " Creating strategy using strength to exploit opportunity



Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(1) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Gresik
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: amirah

Download...